Desain Inovatif Kuliah Berbasis Proyek: Model Perkuliahan Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Muhlis Fajar Wicaksana, Dewi Kusumaningsih, Ahmad Hariyadi, La Ino, Dwi Wahyu Candra Dewi, Daroe Iswatiningsih

Abstract

This research aims to design a lecture model for Indonesian learning evaluation as a compulsory course for project-based study programs that can encourage the development of critical thinking in the academic environment of students. The research method used is research development (R&D), through the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Data collection techniques are carried out through interviews, observations, and document analysis. Data analysis techniques in the development of learning evaluation models are carried out during product trials and expert assessments through FGD. During the product trial, data analysis was used through the t-test. The learning evaluation lecture model developed integrates Project Based Learning (PjBL). The results of the study show that the application of this model can increase student involvement in the learning process and strengthen students' analytical, synthesis, and critical reasoning skills. These findings confirm the importance of designing learning evaluation activities that not only focus on the assessment of the final results, but also encourage students' critical and reflective thinking processes. This model can be recommended as a lecture development strategy in the Indonesian Language and Literature Education study program, which is a program course. The implications of this study emphasize the importance of learning evaluation that is not only oriented to the final outcome, but also to the student's in-depth thinking process.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang model perkuliahan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib untuk program studi berbasis proyek yang dapat mendorong pengembangan berpikir kritis di lingkungan akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan penelitian (R&D), melalui tahapan Analisis, Perancangan, Pengembangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam pengembangan model evaluasi pembelajaran dilakukan pada saat uji coba produk dan penilaian ahli melalui FGD. Pada saat uji coba produk analisis data yang digunakan melalui Uji t (t-test). Model perkuliahan evaluasi pembelajaran yang dikembangkan mengintegrasikan Project Based Learning (PjBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan memperkuat kemampuan analitis, sintesis, dan penalaran kritis siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya merancang kegiatan evaluasi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada penilaian hasil akhir, melainkan juga mendorong proses berpikir kritis dan reflektif mahasiswa. Model ini dapat direkomendasikan sebagai strategi pengembangan perkuliahan di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yang menjadi mata kuliah keprodian. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya evaluasi pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada hasil akhir, tetapi juga pada proses berpikir mahasiswa secara mendalam.

Keywords

desain; model; pembelajaran; Bahasa dan Sastra Indonesia

Full Text:

PDF

References

Abdul, B., Mantau, K., Talango, S. R., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2023). Pengintegrasian Ket-erampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani: Jurnal Pendidi-kan Islam, 19, 86-107.

https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897

An-Nahdliyah, K. (2019). Evaluasi Pembelajaran Model CIPP pada Program Tahfidz Al Quran di Pondok Pesantren Haq an Nahdliyah Sidoarjo.

Ananda, R., & Rafida, T. (2023). Pengembangan Bahan Ajar evaluasi Pembelajaran Berbasis Transdisipliner. Fitrah: Journal of Islamic

https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.370

Ardianti, S. D., & Raida, S. A. (2022). The Effect of Project Based Learning with Ethnoscience Approach on Science Conceptual Understanding. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 207-214. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.89

Aryana, S., Burhanudin, M., Fauziya, D. S., & Wagiran, W. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 425. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10284

Cirkovic-Miladinovic, I., & Dimitrijevic, M. (2020). Reflection in Action: Strategies for Teacher Self-evaluation. Technium Social Sciences Journal, 11(August), 46-58. https://doi.org/10.47577/tssj.v11i1.1501

Darmayanti, M., & Amalia, A. (2024). Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik dan Systematic Literature Review. SITTAH: Journal of Primary Educa-tion, 5(1), 45-60. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i1.2536

Destrinelli, D., Hayati, S., Mahdalena, M., & Rianti, S. (2022). Model Evaluasi Berbasis HOTS un-tuk Pembelajaran Blended. Jurnal Basicedu, 5(6), 6439-6452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1837

Fiteriani, I., Ningsih, N. K., Irwandani, I., Santi, K., & Romlah, R. (2021). Media Poster dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidi-kan Sains Indonesia, 9(4), 540-554. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20984

Hadi, A., & Ramadhana, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIII-A MTs Negeri 2 Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 46-54. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1228

Hafizh, A., Rasyid, A., Yunitasari, B., Susila, W., Yunusdany, D., & Santoso, I. (2022). Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis OBE. Jurnal Pendidikan, 7.

https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p8-17

Hidayati, F., Wisudariani, E., & Artikel, I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kasus (Case Based Learning) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Mahasiswa. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), 180-190. https://doi.org/10.22437/bio.v9i2.20821

Hikmah, F. (2023). Implementasi Model PBL dan Pendekatan TPACK Media Interaktif Meningkat-kan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar. Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(3). https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Ichsan, T. A. (2023). Efektivitas Evaluasi Model CIPP Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Me-ta-Analisis

Ihsan, N., Nasruddin', & Andri Estining Sejati. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pem-belajaran Berbasis Project pada FKIP Universitas Sembilan Belas November Kolaka. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan.

Ilmudinulloh, R. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kemampu-an Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, 2(2), 121-128. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1366

Irawati, D. Y., & Jonatan, J. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika. Jurnal Rekayasa Sistem Industri.

https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4014.135-144

Izhar, I., Fatahillah, F., Faelasofi, R., & Budiarti, Y. (2024). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Ekosistem Ubiquitous Learning Mata Kuliah Wajib Kurikulum Bahasa Indonesia pada Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Anterior Jurnal, 23(1), 43-51. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6230

Kamaruddin, I., Rambe, S., Aenul Hayati, A., Al Haddar, G., Sapulette, V., & Joni, W. S. (2024). Transformasi Pendidikan Tinggi Melalui Kurikulum Merdeka: Peluang dan Tantangan. Indo-nesian Research Journal on Education. https://irje.org/index.php/irje

Kusumaningsih, D., & dkk. (2023). e-Bookchapter Education Challanges ICEI (3). Education Chal-lenges is The Era Disruption 5.0 in ASEAN.

Malahayati, E. N., & Zunaidah, F. N. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Kurikulum. Jurnal Basicedu, 5(6), 6218-6226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1802

Maria L. V. I, Syarief, R., Fahmi, I., & Sailah, I. (2024). Analisis Struktural Interpretatif untuk Merancang Transformasi Digital Pendidikan Tinggi di Indonesia. Equilibrium, 12(1).

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13299

Mulyaningsih, I., Rahmat, W., Maknun, D., & Firdaus, W. (2022). How Competence of Production, Attention, Retention, Motivation, and Innovation Can Improve Students' Scientific Writing Skills. International Journal of Language Education, 6(4), 368-385.

Nawawi, M., & Aliyyah, R. R. (2024). Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju kualitas dan Profesionalisme.

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12055

Rachmawati, I., Feranie, S., Sinaga, P., & Saepuzaman, D. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah dan Berpikir Kritis Ilmiah Siswa SMA pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 25. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13725

Ramatni, A., Pahmi, D. K., Darussalam, S. P., & Rifai, M. (2024). Transformasi Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran untuk Mempersiapkan Mahasiswa Menghadapi ABAD 21. Jurnal Edu Research Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS).

Risamasu, P. V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Tema Perpindahan Kalor Berkonteks Etnosains Jayapura Papua. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 948-958. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1322

Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(10), 1581. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15056

Rosmeli, R., Erfit, E., & Fathiyah, F. (2023a). Peningkatan Keaktifan Mahasiswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 121. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.1051

Rosmeli, R., Erfit, E., & Fathiyah, F. (2023b). Peningkatan Keaktifan Mahasiswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 121. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.1051

Rotari, S. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Membangun Keaktifan Mahasiswa. Journal of Social Science and Education E-ASANKA: Journal of Social Science and Educa-tion, 4, 191-199. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i2.6103

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(1), 17-27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing Student 21st Century Skills in Selected Ex-emplary Inclusive STEM High Schools. International Journal of STEM Education, 6(1), 1-15. https://doi.org/10.1186/s40594-019-0192-1

Sulistyorini, Y., Napfiah, S., Mufidah, K., Matematika, P., Budi, I., & Malang, U. (2023). Pengem-bangan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Game Menggunakan Platform Wordwall. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2).

https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i2.2712

Syahputra, E. (2024). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia.

https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.104

Wicaksana, M. F. (2020). Belajar Pengembangan Model Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Wicaksana, M. F. (2023). E-Book Chapter: Education Challenges is The Era Disruption 5.0 in ASEAN International Conference of Education and Issues (ICEI) series 1. 1.

Wicaksana, M. F., Marmoah, S., & Nurhasanah, F. (2024). Reconstruction of Online Learning (Challenges and Reinforcement of Learning Evalution). JPG: Jurnal Pendidikan Guru Jour-nal, 5(4), 487-497. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/index

Wicaksana, M. F., Rosyid, A., Harsan, T., & Fatimah, S. (2023). Portrait of Project Based MKWK Learning as an Effort to Build Superior Morality in Students. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 12(3), 560-568. https://doi.org/10.22202/mamangan.v12i03.7904

Wicaksana, M. F., & Sudiatmi, T. (2021). Budaya Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat Islami se-bagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Sariwegading, 27(1), 45-53.

Widiyanti, S., & Rosna, D. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreatifitas Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IT CIDA, 7(1).

https://doi.org/10.55635/jic.v7i1.135

Widyastuti, W. T., & Andika, Y. (2021). Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keaktifan Mahasiswa dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Prancis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 227-236. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.169

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Problem Based Learning (Pbl) Learning Model: The Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(November), 399-408.

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Zubaidah Siti. (2019). Memberdayakan keterampilan Abad ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, October, 1-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.