Pemahaman Mahasiswa Bahasa dan Sastra Mengenai Psikologi Tokoh dalam Novel Trauma Karya Boy Candra

Jaratimi Annisa, Hajrah Hajrah

Abstract

This study aims to identify the understanding of students of the Language and Literature Study Program in analyzing the psychological aspects of characters and to reveal their expectations as readers towards the psychological conflict depicted in the novel Trauma. The method used is descriptive qualitative with a reader-oriented literary reception approach. The techniques used to analyze the data include three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that some students have difficulty understanding character conflicts due to low reading interest and lack of analytical practice, while students with good reading habits are able to provide deep emotional responses. As many as 31 out of 50 students (63%) have the same understanding of the psychological analysis of characters in the novel Trauma, and 58.8% (29 students) show extensive reading experience so that they have good interpretive readiness. Meanwhile, the results of the horizon of expectations show that 58% of students stated that their expectations for the contents of the novel were fulfilled, especially related to the values of life in the story (69%), reading experience and interest (58%), and the ability to connect the meaning of fiction with reality (62%). These findings show that the majority of students are able to accept and respond to literary works critically and reflectively based on their experiences and knowledge.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman mahasiswa program studi bahasa dan sastra dalam menganalisis aspek psikologi tokoh serta mengungkap harapan mereka sebagai pembaca terhadap konflik psikologis yang digambarkan dalam novel Trauma. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan resepsi sastra berorientasi pada pembaca. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data meliputi tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa mengalami kesulitan memahami konflik tokoh karena rendahnya minat baca dan kurangnya latihan analisis, sementara mahasiswa dengan kebiasaan membaca yang baik mampu memberikan tanggapan emosional yang mendalam. Sebanyak 31 dari 50 mahasiswa (63%) memiliki pemahaman yang sama terhadap analisis psikologi tokoh dalam novel Trauma, dan 58,8% (29 mahasiswa) menunjukkan pengalaman membaca yang luas sehingga memiliki kesiapan interpretatif yang baik. Sementara itu, hasil cakrawala harapan menunjukkan bahwa 58% mahasiswa menyatakan harapannya terhadap isi novel terpenuhi, terutama terkait dengan nilai-nilai kehidupan dalam cerita (69%), pengalaman dan minat membaca (58%), serta kemampuan menghubungkan makna fiksi dengan kenyataan (62%). Temuan ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mampu menerima dan menanggapi karya sastra secara kritis dan reflektif berdasarkan pengalaman serta pengetahuan yang dimiliki.

Keywords

novel Trauma; pemahaman mahasiswa; psikologi tokoh; resepsi sastra

Full Text:

PDF

References

Aditiyanti, S. G., Sofiatin, Y., Afriandi, I., Arisanti, N., & Sujatmiko, B. (2021). Pola Pelayanan Kesehatan Penderita Hipertensi Peserta JKN di FKTP Jawa Barat 2015-2016'. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 10(4), 164-170.

Addarani, J. S., & Karkono, K. (2025). Proses Kreatif Penulisan Novel Fantasi Whispers of Sacrifice. Journal of Language Literature and Arts, 5(3), 266-276.

https://doi.org/10.17977/um064v5i32025p266-276

Afni, N., Fikri, H., & Syofiani, S. (2024). Kepribadian Tokoh Perempuan dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari dan Si Parasit Lajang Karya Ayu Utami Suatu Kajian Intertekstual. JELISA (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa), 5(1), 12-26. https://doi.org/10.36665/jelisa.v5i1.905

Agustina, D. E., Ifnaldi, I., & Rahma Ningtyas, A. (2024). Analisis Resepsi Sastra dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala pada Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. Curup: Institut Agama Islam Negeri Curup.

Amir, P. A., Udu, S., & Konisi, L. Y. (2024). Psikologi Tokoh dalam Novel Mahika Karya Aya (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud). Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 9(2), 287-297. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i2.395

Annida, S., & Devi, W. S. (2022). Proyeksi Tokoh Utama dalam Novel Momiji Karya Orizuka (Kritik Psikologi Sastra). Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indone-sia. 490-496.

Ashari, D. F., Halawa, E., & Nurhayati, E. (2024). Ketidakadilan Sosial Terhadap Kaum Waria dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. JUPENSAL: Jurnal Pendidikan Univer-sal, 1(3), 526-540. https://journalwbl.com/index.php/jupensal/article/view/358

Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Sosial Budaya 2024: Indikator Sosial Budaya Masyarakat Indonesia. Jakarta: BPS. Diakses dari https://www.bps.go.id

Bowlby, J. (1988). During The First Third of This Century There Were Two Great Proponents of Developmental Psychiatry-Adolf Meyer and Sigmund Freud. Both believed that. The American journal of psychiatry, 145, 1-10.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Ap-proaches. Thousand Oaks: Sage Publications.

Dewi, A. C. (2023). Menulis kreatif. Bandung: Indonesia Emas Group.

Endraswara, S. (2011). Budi Luhur dalam Kehidupan Penghayat Kejawen Masa Kini. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Fadillah, M. (2023). Mengembangkan Karakter yang Kuat dalam Karya Sastra. Pendidikan Bahasa Inggris. Diperoleh dari https://englishliterature.teknokrat.ac.id/mengembangkan-karakter-yang-kuat-dalam-karya-sastra/

Fuadah, A. A. (2019). Psikologi Naratif: Membaca Trauma dalam Novel Tempurung Karya Oka Rusmini. In Seminar Internasional Riksa Bahasa. 1621-1630.

Harimansyah, G. (2024). Membangun Generasi Milenial Menyongsong Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Banyumas: Cv. Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Hidayat, R. H., & Susilowati, E. (2023). Representasi Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Film Pendek Pasung (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk). Surakarta: UIN Raden Mas Said.

Ilham, K. N. (2024). Pengaruh Minat Baca terhadap Kesehatan Mental di Perguruan Ting-gi. Media Informasi, 33(2), 151-158. https://doi.org/10.22146/mi.v33i2.16221

Iser, W. (1978). The Act of Reading. London: The Johns Hopkins University.

https://doi.org/10.56021/9780801821011

Juni, A. (2019). Apa itu Sastra Jenis-jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyarta: Deepublish.

Karlina, A., Jaya, W. S., & Permanasari, D. (2023). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel The Privileged Ones Karya Mutiarini (Pendekatan Psikologi Sastra). Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 207-220. https://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/668

Lathifah, A. A., Susanto, A., & Rachmawati, K. (2025). Klarifikasi Emosi Tokoh Utama Per-empuan dalam Novel My Psychopath Boy Friend Karya Bayu Permana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(1), 639-654.

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4954

Lazarus, R. S. (1966). Psychological Stress and the Coping Process. New York: McGraw Hill.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. California: Sage Publucations.

Minderop, A. (2013). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursalin, A. (2024). Resepsi Pembaca terhadap Novel Pasung JiwaKarya Okky Madasari (Pendekatan Resepsi Sastra). Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Nurasiah, L. (2015). Analisis Narasi Novel Gadis Kecil di Tepi Gaza. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurgiantoro, B. (2024). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak Edisi Revisi. UGM Press.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. California: Sage Publications.

Pratiwi, L. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Karya Habiburrahman El Shi-razy. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Putra, A., Septia, E., Tatalita, R. G., & Firdaus, W. (2022). SOCIAL CONFLICT IN LAZUARDI'S LABYRINE NOVEL RED LANGIT SAGA BY GOLA GONG. Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 4(2).

Riana, P. S. (2013). Respons Pembaca Remaja Terhadap Cerpen "Robohnya Surau Kami" Kar-ya AA Navis dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rianingsih, R., & Musthofa, W. (2023). Post-Traumatic Growt pada Perempuan Penyintas Bullying. Surakarta: UIN Surakarta.

Segers, R. T. (1978). The Evaluation of Literary Texts. Lisse: The Peter de Ridder Press

Silfiana, T. A., Aprilita, A. A., Prasetyo, A. D., & Kanzunnudin, M. (2025). Analisis Keperi-badian Tokoh Utama pada Film Tilik Karya Agung Wahyu Prasetyo. Media Bahasa, Sas-tra, dan Budaya Wahana, 30(2), 85-93. https://doi.org/10.33751/wahana.v30i2.11373

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (4th ed.). Bandung: Alfabeta.

Wachidah, N. (2015). Persepsi Pembaca terhadap Novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Warsito, B., Muharam, H., Hakim, A. R., Fatmawati, E., Heriyanto, H., & Prasetyawan, Y. Y. (2023). Pengukuran Pembudayaan Kegemaran Membaca: Kajian Survei Indeks Kegemaran Membaca Kota Salatiga Tahun 2022. Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Per-pustakaan, 25(2), 145-160.

Wibowo, M. C. (2024). Desain Karakter Tokoh Animasi. Semarang: Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Wellek, R., & Warren, A. (1949). Theory of Literature. New York: Harcourt, Brace and Compa-ny.

Wicaksono, A. (2023). Resepsi Sastra Mahasiswa terhadap Puisi Antikorupsi dalam Antologi Puisi Menolak Korupsi 6. LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan, 15(2), 140-153. https://doi.org/10.26499/loa.v15i2.2656

Yati, Y. (2022). Analisis Konflik Tokoh Utama dalam Novel Re dan Perempuan Katya Maman Suherman (Kajian Psikolohi Sastra). Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Zahrial, A. R. A., & Israhayu, E. S. (2024). Citra Perempuan dalam Novel Re dan Perempuan Karya Maman Suherman: Kajian Kritik Sastra Feminis. Suara Bahasa: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(02), 94-105.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.