Padlet as a Learning Media for Writing Procedural and Explanatory Texts in Metro School Makassar

Abdul Azis, Sudirman Sudirman

Abstract

This study aims to examine the effectiveness of Padlet as a digital learning tool to improve the writing skills of procedural and explanatory texts among sixth-grade students at SD Metro School Makassar. Employing a quantitative approach with a pre-experimental one group pre-test–post-test design, the research involved 32 students from two parallel classes who had received writing instruction using Padlet. Data were collected through performance tests and classroom observations, and analyzed using descriptive statistics and paired samples t-test. The findings revealed that the average score for procedural text writing increased from 64.94 to 89.06, while that for explanatory text writing improved from 59.67 to 89.94. The t-test confirmed that these gains were statistically significant (p < 0.05). However, the comparison between the two text types indicated no significant difference (p = 0.457), although a moderate positive correlation (r = 0.512) was found. These results suggest that Padlet effectively enhances students’ writing skills across both text genres. Padlet has proven to foster a collaborative, interactive, and inclusive learning environment, making it a highly recommended tool for writing instruction in primary education.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media Padlet dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dan teks eksplanasi pada siswa kelas VI SD Metro School Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen model one group pre-test–post-test. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa dari dua kelas paralel yang telah mengikuti pembelajaran menulis menggunakan media Padlet. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja dan observasi, sementara analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan uji paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai menulis teks prosedur meningkat dari 64,94 menjadi 89,06, sedangkan nilai menulis teks eksplanasi meningkat dari 59,67 menjadi 89,94. Uji t menunjukkan bahwa peningkatan tersebut signifikan secara statistik (p < 0,05). Namun, perbandingan antara hasil menulis kedua teks tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p = 0,457), meskipun terdapat korelasi positif sedang (r = 0,512) antara keduanya. Hal ini menunjukkan bahwa Padlet efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa secara merata, baik pada teks prosedur maupun eksplanasi. Media Padlet terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang kolaboratif, interaktif, dan inklusif, sehingga layak direkomendasikan sebagai alat bantu dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar.

Keywords

Padlet; writing skills; procedural text; explanatory text; digital learning

Full Text:

PDF

References

Agustini, H., Gustian Nugraha, R., Hanifah, N., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Research, 5(1).

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.931

Aini, N. L., Haryati, N., & Bahasa, P. (2023). Penggunaan Media Microsoft Teams dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X di SMAN 2 Kudus. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 2(1).

https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7589

Alzahrani, F. K. (2021). The Effectiveness of Padlet in Enhancing Reading and Writing Skills in English Language Course Among EFL Students at Secondary Stage. Journal of Educational and Psychological Studies [JEPS], 15(1), 155-167.

https://doi.org/10.53543/jeps.vol15iss1pp155-167

Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia (JII), 1(6).

https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.76

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). Sastra Anak Berbasis Ecoprenuership sebagai Muatan Pembelajaran Literasi Finansial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 722-737. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Astuti, Y., Abidin, Y., & Cahyani, I. (2022). Meracik Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Padlet Untuk Menulis Teks Eksplanasi. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 91-102.

https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22660

Darmawati, U. (2019). Eksplanasi. Aksara Sinergi Media.

Evaline, F. P., Sastromiharjo, A., & Cahyani, I. (2024). Media Powtoon Pada Teks Eksplanasi. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 6(2), 81. https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8750

Ferawati, N., Baa, S., & Asma, N. (2022). Using Padlet to Improve Students' Personal Letter-Writing Skills. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(4), 489-498. https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i4.353

Handini, R. M. (2023). The Effectiviness of Using Padlet as Learning Media.

Irawan, R. N., Apriliya, S., & Putri, A. R. (2024). Analisis Kebutuhan Media pada Pembelajaran Teks Eksplanasi di SD. Journal of Elementary Education, 07, 3.

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19413

Lestari, S. (2017). Impelementing Padlet Application To Improve Writing Ability in English Writing Skill for Non English Department Students. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 7(1), 1. https://doi.org/10.18592/let.v7i1.1509

Mulyaningsih, I., Rahmat, W., Maknun, D., & Firdaus, W. (2022). How Competence of Production, Attention, Retention, Motivation, and Innovation Can Improve Students' Scientific Writing Skills. International Journal of Language Education, 6(4), 368-385.

Prabowo, I., & Zulfiati, H. M. (2023). Sejari Padlet (Semangat Belajar IPS dengan Padlet). Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(1), 80-90. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i1.164

Ramadhanti, D., & Yanda, D. P. (2022). Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif. Deepublish.

Setiyaningsih, I. (2022). Mengenal Jenis-Jenis Teks. Intan Pariwara.

Simanjutak, G., Sinaga, S., & Sinaga, D. (2024). Canva sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur. In Prosiding Seminar Nasional.

Wahyuni, F., Jais, M., & Nurdin. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 7 Sinjai. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3047

Widayati, Y. S. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar dengan Media Padlet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Kuliner 3 SMK Negeri 2 Boyolangu. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, Vol(4).

https://doi.org/10.51878/edutech.v3i4.2604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.