Eksplorasi Kekerasan Verbal dan Faktor Penyebabnya untuk Transformasi Menuju Komunikasi Edukatif
Abstract
This study aims to explore the forms of verbal violence committed by teachers against students during the teaching of Indonesian language at MTsN Wajo and to identify the underlying causes. Employing a qualitative descriptive approach, data were collected through classroom observations, audio recordings of teacher-student interactions, structured interviews, and linguistic analysis based on Infante and Wigley’s (1986) theoretical framework. The results reveal that verbal violence by teachers is manifested in nine dominant forms: insults, ridicule, sarcasm, demeaning comments, non-constructive criticism, character attacks, verbal threats, innuendos, and verbal harassment. These forms of verbal aggression have adverse psychological impacts on students, including decreased self-confidence, reduced motivation, and the emergence of fear and anxiety. The main contributing factors include emotional pressure on teachers, administrative workload, lack of training in educational communication, and weak regulatory and reporting systems in schools. These findings underscore the urgency of pedagogical reform through empathetic communication training, reflective supervision, and the development of communication ethics rooted in humanistic and equitable learning practices.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk kekerasan verbal yang dilakukan oleh guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di MTsN Wajo serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi langsung, perekaman audio interaksi kelas, wawancara terstruktur dengan guru, serta transkripsi dan analisis linguistik berdasarkan kerangka teori Infante dan Wigley (1986). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan verbal guru termanifestasi dalam sembilan bentuk dominan, yaitu penghinaan, ejekan, sarkasme, pernyataan meremehkan, kritik tidak konstruktif, serangan terhadap karakter, ancaman verbal, sindiran, dan pelecehan verbal. Kekerasan verbal tersebut berdampak negatif pada psikologi siswa, seperti penurunan kepercayaan diri, rendahnya motivasi belajar, serta munculnya rasa takut dan kecemasan. Faktor penyebab utamanya meliputi tekanan emosional guru, beban administratif, minimnya pelatihan komunikasi edukatif, dan lemahnya regulasi serta sistem pelaporan di sekolah. Temuan ini menegaskan urgensi reformasi pedagogi melalui pelatihan komunikasi empatik, supervisi reflektif, dan pembangunan etika komunikasi yang berorientasi pada pembelajaran humanistik dan berkeadilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Sustainability.
Afaz, T., & Gusman, M. (2021). Analisis Kelayakan Investasi Menggunakan Metode Discounted Cash Flow pada Tambang Aspal PT. Wijaya Karya Bitumen di Desa Nambo Kecematan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Journals Mining Engineering: Bina Tambang, 6(2), 84-95.
Alam, S., & Fauzan, M. (2008). Hukum pengangkatan anak perspektif Islam. Kencana Jakarta.
Anwar, A. (2017). Tindak Pidana Kekerasan oleh Guru Terhadap Siswa di SMA Negeri 1 Makassar. UIN Alaudin Makassar.
Azizah, A., Suarda, I. G. W., & Mardiyono, M. (2023). Prinsip Keadilan Restoratif dalam Penghentian Penuntutan Perkara Pidana Berdasarkan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 2(2), 243-264. https://doi.org/10.55606/jhpis.v2i2.1643
Barnawi, Arifin, M., & Sandra, M. (2016). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.
Baryadi, I. P., M, T. A. H., & Press, S. D. U. (2012). Bahasa, Kekuasaan, dan Kekerasan: (Edisi Revisi). Universitas Sanata Dharma.
Creswell, J. W. (2021). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.
Djamil, N. (2017). Anak Bukan untuk dihukum. Sinar Grafika.
Fauziya, S. N., & Aziz, T. A. (2022). Kaitan Pandangan Aliran Filsafat Progresivisme Terhadap Siswa Slow Learners dalam Proses Pembelajaran. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 70-79. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.128
Firdaus, W., Eliya, I., & Sodik, A. J. F. (2020). The importance of character education in higher education (University) in building the quality students. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 59, pp. 2602-2606).
Fitriana, Y., Pratiwi, K., & Sutanto, A. V. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Orang Tua dalam Melakukan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 81-93. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.81-93
Galtung, J. (1990). Cultural violence. Journal of Peace Research, 27(3), 291-305.
https://doi.org/10.1177/0022343390027003005
Gultom, M. (2010). Perlindungan Hukum Terhadap Anak. Refika Aditama.
Hadi, Y. A., Yunitasari, D., Septu, D., & Ibrahim, M. (2022). Studi Dampak Kekerasan Verbal di Lingkungan Keluarga dan Sekolah Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 156-163. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7144
Hasmiati, H., Daeng, K., & Azis, A. (2024). Kekerasan Verbal Melabeli Siswa SMP Negeri 4 Tommo Mamuju. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 1063-1071. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3448
Infante, D. A., & Wigley, C. J. (1986). Verbal Aggressiveness: An Interpersonal Model and Measure. Communication Monographs, 53(1), 61-69. https://doi.org/10.1080/03637758609376126
Kurniawan, A. (2019). Analisis-Pengertian, Contoh, Tahap, Tujuan, Para Ahli. Garuda Pendidikan.
Mahmud, B. (2019). Kekerasan Verbal pada Anak. Jurnal An Nisa', 12(2), 689-694.
https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Miles, M. B., & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Terjemahan). UI-Press.
Muis, T., Syafiq, M., & Savira, I. (2011). Interaksi Belajar Mengajar dari Perspektif Siswa di SMPN Kota Surabaya : Sebuah Survey. Jurnal Psikologi: Teori & Terapan, 1(2), 63-74.
https://doi.org/10.26740/jptt.v1n2.p63-74
Mulyawan, G. (2024). Peran Pendidikan dalam Perlindungan Anak Terhadap Kekerasan Seksual di Media Sosial pada Lingkungan Sekolah. Qalam: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 70-74.
https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.4345
Napitupulu, M. F. (2020). Dampak Kekerasan Verbal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Menengah. Piskologi Pendidikan, 12, 62.
Novia, S. P. P. (2023). The Overview of Bullying Behavior in Adolescents Gambaran Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Imiah Psikologi, 11(4), 577-582.
https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i4.13220
Nurhasanah, N. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Kekerasan Verbal pada Anak Usia Pra Sekolah di Desa Sidoharjo Kabupaten Pringsewu. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3, 1-10. https://doi.org/10.58561/mindset.v3i1.145
Poerwadarminta, W. J. S. (1966). Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Pristiwanti, D. (2023). Pengertian Pendidikan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337-347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Purwanto, M. N. (2007). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
Reswita, & Buulolo, B. (2023). Dampak Kekerasan Verbal di Lingkungan Sekolah. CERDAS - Jurnal Pendidikan, 2(1), 9-22. https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.176
Reynaldi, A. (2013). Perlindungan Hukum Terhadap Anak pada Penyidikan di Polres Palu. Fakum, 10(2), 17-17.
Rokhman, M. F. (2023). Mengatasi Kekerasan Verbal pada Anak di Sekolah: Upaya Perlindungan Hukum yang Efektif. Eksekusi : Jurnal Ilmu Hukum dan Administrasi Negara, 1(4), 234-249. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v1i4.702
Salahuddin, N., Taibe, P., & Minarni, M. (2024). Pengaruh Self-Control Terhadap Agresivitas Verbal pada Remaja Akhir Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(1), 215-221. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3614
Soesilo, R., & Pidana, K. U.-U. H. (1991). Komentar-Komentar Lengkap Pasal Demi Pasal. Politeia.
Vamanu, I. (2019). Fake News and Propaganda: A Critical Discourse Research Perspective. Open Information Science, 3(1), 197-208. https://doi.org/10.1515/opis-2019-0014
Wahab, G. A., Mahmuddin, H., & Ernawati, E. (2021). Pengaruh Kekerasan Komunikasi Verbal (Verbal Abuse) Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 271-278.
Wakhidah, R. (2017). Perlindungan Anak Terhadap Tindakan Kekerasan dalam Dunia Pendidikan di Sekolah (Perspektif Pendidikan Islam). UIN Sunan Kalijaga.
Zinck, J. A. (2023). Theoretical Framework. Geopedology: An Integration of Geomorphology and Pedology for Soil and Landscape Studies: Second Edition, 15-17. https://doi.org/10.1007/978-3-031-20667-2_2
Refbacks
- There are currently no refbacks.