PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF BERBASIS METODE QUANTUM WRITING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI D-4 (S-1 TERAPAN) MANAJEMEN BISNIS PARIWISATA, JURUSAN PARIWISATA, POLITEKNIK NEGERI BALI

I Gusti Putu Sutarma, Ida Bagus Artha Adnyana

Abstract


Penelitian ini didasari oleh masalah kurangnya kemampuan mahasiswa dalam
menulis. Hal itu disebabkan oleh materi pembelajaran menulis kreatif belum ada
pada materi pembelajaran bahasa Indonesia. Di samping itu, rendahnya minat
baca mahasiswa juga menjadi pemicunya. Sehubungan dengan kondisi itu, dalam penelitian ini dibahas masalah pembelajaran menulis kreatif berbasis metode quantum writing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menulis kreatif berbasis metode quantum writing terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan tiga kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi prates, pemberian materi pembelajaran menulis kreatif berbasis metode quantum writing, dan postes. Prates dilakukan untuk mengetahui kemampuan menulis mahasiswa sebelum diberikan materi pembelajaran menulis kreatif berbasis metode quantum writing, sedangkan postes diberikan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa setelah diberikan materi pembelajaran menulis kreatif berbasis metode quantum writing. Hasil prates dan postes menunjukkan bahwa pemberian materi pembelajaran menulis kreatif berbasis metode quantum writing dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Oleh karena itu, materi pembelajaran menulis kreatif berbasis metode quantum writing akan ditambahkan pada buku ajar Bahasa Indonesia pada Program Studi D-4 (S-1 Terapan) Manajemen Bisnis Pariwisata.


Keywords


mahasiswa; minat baca; metode quantum writing

Full Text:

PDF

References


Adnyana, Artha. 2011. “Aplikasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam

Pengajaran BIPA.” Dalam Jurnal AKSARA Tahun XXXIII, No. 38 Desember 2011.

Bawa, I Wayan. 1990. Pemakaian Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.

Denpasar: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FS, Universitas Udayana.

Brown, H.D. 1994. Principles of Language Learning and Teaching. Prentice Hall Regents, Englewoods Cliffs, NJ.

Cohen, Moshe and Riel, Margaret. 1989. The Effect of Distant Audiences on Students’ Writing. American Educational Research Journal,26 (2): 143-159.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernackki. 2013. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Djiwandono, M Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.

Glover, John A. and Burning, Roger H. 1990. Educational Psychology: Principles and Applications. USA: Harper Collins Publishers.

Hernowo. 2004. Quantum Writing. Bandung: Mizan Learning Center.

Hull, Glynda Ann.1989. Research on Writing: Building a Cognitive and Social Understanding of Composing. In Resnick, Laurent B and Leopold E. Klopfer. Toward the Thinking Curriculum: Current Cognitive Research. ASCD.

Jacobs, Holly L. dkk.1981. Testing ESL Composition: A Practical Approach.

London: Newbury House Publishers, Inc.

Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching & Learning (terjemahan oleh Ibnu Setiawan). Bandung: MLC.

Myers, Miles.1983. Approach to the Teaching of Composition. In Myers, Miles and Gray, James (Eds.). Theory and Practice in the Teaching of Composition: Processing, Distancing, and Modeling. Urbana:National Council of Teachers of English.

Squire, James E.1989. Tracing the Development of Writing. In Mason, Jana M. (Ed.). Reading and Writing Connections.

Boston: Allyn and Bacon.

Sudarsono, F.X.1996/1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan

Kelas: Rencana, Desain, dan Implementasi. Jakarta: Dirjen Dikti,

Depdikbud.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suparman, A. 1997. Desain Instruktional. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud

Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran

Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

White, Ronald V. 1987. Approach to Writing. In Long, Michael H. and Richards, Jack C.(Eds.). Methodology in TESOL.New York: Newbury House Publishers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29255/aksara.v26i1.146.75-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________

Aksara INDEXED IN:

   
     

_______________________________________________________________________________________________________

 

AKSARA diterbitkan oleh Balai Bahasa Provinsi Bali bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP)

 AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats