TIPE KLAUSA DAN PERILAKU UNSURNYA DALAM BAHASA SASAK

Ida Ayu Putu Aridawati

Abstract


Kajian tentang tipe klausa bahasa Sasak, tidak dapat dipisahkan antaraspek-aspek pendukungnya, seperti konstruksi, fungsi dan peran. Perilaku unsur-unsurnya akan dapat memberi petunjuk tentang jati diri (identitas) klausa bahasa Sasak. Relasi unsur-unsurnya terikat satu sama lain sehingga diketahui pelbagai tipenya, serta fungsi dan perannya. Masalah yang dibahas, yaitu (1) tipe klausa berdasarkan fungsi unsur-unsurnya, (2) kategori kata/frasa yang mampu menduduki fungsi predikat, dan (3) ada tidaknya kata negatif yang secara gramatik mengingkarkan predikat. Tujuan penelitian ini memperoleh deskripsi yang rinci tentang (1) tipe klausa berdasarkan fungsi unsur-unsurnya, (2) kategori kata/frasa yang mampu menduduki fungsi predikat, dan (3) ada tidaknya kata negatif yang secara gramatik mengingkarkan predikat. Manfaat penelitian ini, turut memberi andil dalam memperkaya khazanah ilmu bahasa, khususnya bidang struktur. Teori yang dipergunakan adalah teori linguistik struktural. Metode yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak dan metode cakap. Metode simak dibantu dengan teknik dasar dan teknik lanjutan. Dalam analisis data dipergunakan metode distribusional yang terjabar dalam teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar metode ini adalah teknik bagi unsur langsung. Adapun teknik lanjutan yang diterapkan, yaitu teknik lesap, teknik ganti, teknik balik, teknik sisip, dan teknik perluasan. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode formal dan informal, dibantu dengan teknik induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan, ada tiga hal pokok yang menjadi dasar pembentukan tipe klausa bahasa Sasak jika ditinjau dari perilaku unsurnya, yaitu: berdasarkan fungsi unsur-unsurnya, berdasarkan kategori kata/frasa yang mampu menduduki fungsi predikat, dan berdasarkan ada tidaknya kata negatif yang secara gramatik mengingkarkan predikat.

 


Keywords


tipe klausa; perilaku unsurnya; bahasa Sasak

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dkk.2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Aridawati, Ida Ayu Putu dkk. 1995. Struktur Bahasa Sasak Umum. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arifin, Syamsul dkk. 1990. Tipe-tipe Klausa Bahasa Jawa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arifin, Zaenal, Juniah H.M.2008. Sintaksis Bahasa Indonesia.Jakarta: Grasindo.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.

Purwa, I Made. 1996. “Klausa Relatif Bahasa Sasak: Sebuah Analisis Transformasi Generatif”. Denpasar: Program Studi Magister (2) Linguistik Universitas Udayana.

Ramlan, M. 2005. Sintaksis. Yogyakarta : CV. Karyono.

Saidat. 2003. 2003.Sintaksis. Pekanbaru: Basic Education Projec (BEP).

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik : Kedudukan, Aneka Jenisnya dan Faktor penentu Wujudnya. Yogyakarta : Fakultas Sastra dan Kebudayaan Universitas Gajah Mada.

Sukini. 2010. Sintaksis Sebuah Panduan Praktis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sulaga, I Nyoman dkk 1992. ”Tata Bahasa Bali”. Denpasar: Proyek Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Prinsip-Prinsip Dasar Sintaksis. Bandung : Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.29255/aksara.v27i2.182.171-183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Aksara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________

Aksara INDEXED IN:

  
     
   

_______________________________________________________________________________________________________

AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

@2016 Balai Bahasa Provinsi Bali Jalan Trengguli I No. 34, Tembau, Denpasar 80238 Telepon (0361)461714, Faksimile (0361)463656, Pos-el: jurnalaksara@yahoo.co.id, Laman: http://balaibahasaprovinsibali.kemdikbud.go.id/