METAFORA DALAM IKLAN MOBIL BEKAS DI SITUS DARING OLX

Sariah Sariah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa dalam iklan mobil bekas pada situs daring yang memanfaatkan metafora. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif untuk mengungkap jenis, struktur, makna, dan fungsi metafora pada iklan mobil bekas di situs daring OLX sekaligus menjadi pokok masalah dalam penelitian ini.  Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan jenis, struktur, makna, dan fungsi metafora pada iklan mobil bekas di situs daring OLX. Ancangan penelitian ini menggunakan konsep Wahab dan Richards. Temuan penelitian adalah bahwa struktur pembentuk metafora pada iklan mobil bekas lebih didominasi oleh unsur citra, sedangkan unsur topik sering dilesapkan sehingga metafora pada iklan mobil bekas cenderung menggunakan metafora implisit (metaphor in absentia). Metafora predikatif sangat menonjol pemakaiannya dibandingkan dengan dengan metafora nominatif dan metafora kalimatif. Fungsi metafora pada iklan mobil bekas adalah untuk (1) menunjukkan kualitas mobil tersebut, (2) menarik minat pembeli dengan bahasa yang penuh nuansa makna, (3) menjelaskan keberadaan mobil tersebut dengan perinci, (4) mengandung unsur persuasif dan puitis untuk memengaruhi pembaca untuk membeli mobil bekas yang ditawarkan tersebut. Unsur bahasa lain, bahasa Sunda dan bahasa Inggris juga digunakan pada iklan mobil bekas. Dalam data terlihat bahwa semakin usia sebuah mobil bekas, perincian dan metaforanya semakin panjang.

 


Keywords


iklan mobil bekas; metafora; olx

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Classe, O. (2000). Encyclopedia of Lietarary Translatin into English 2 (hlm. 94) London: Fitzroy Dearborn Publishers.

Danesi, M. (2004). Messages. Signs, and Meaning: A Basic Textbook in Semiotics and Communication Theory (hlm. 118) Toronto: Canadian scolars Press Inc.

Djajasudarma, T. F. (1993). Metode Linguistik. (hlm. 8—9) Bandung: PT Eresco.

Idrus. (2015). “Metafora Deskripsi Fisik Tokoh Wanita dalam Novel Noruwei No Mori Karya Haruki Murakami”. Puitika, 11 (1), hlm. 74—81. jurnalpuitika.fib.unand.ac.id/index.php/jurnalpuitika/article/download/16/14. Diunduh pada tanggal 23 Maret 2017.

Keraf, G. (2006). Diksi dan Gaya Bahasa: Komposisi Lanjutan I, (hlm. 139). Ende, Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus Linguistik, (hlm. 136) Jakarta: Pustaka Utama.

Larson, M.L. (1998). Meaning-Based Translation: a Guide to Cross-Language Equivalence, (hlm. 274—275). Laham: University Press of America.

Levin, S.R. (1977). The Semantics of Metaphor (hlm. 85) Baltimore: The John Hopkins University.

Nugrahani, Y.W. dan Muhammad Q. (2016). “Metafora Tema Percintaan pada Lirik Lagu Ciptaan Ebiet G. Ade: Sebuah Tinjaun Semantik”. Etnografi 16 (1) hlm. 31—38. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/52293/Metafora-Tema-Percintaan-pada-Lirik-Lagu-Ciptaan-Ebiet-G-Ade-Sebuah-Tinjauan-Semantik. Diunduh pada tanggal 23 Maret 2017.

Pragglejaz G. (2007). MIP: A Methode for Identifying Metaphorically Used Words in Discourse. Dalam Metaphor and Symbol, 22 (1). New Jersey: Lawrence Earlbaum Associates, Inc.

Richards, I.A. (1936). The Philosophy of Rhetoric, hlm. 93—96. NewYork: Oxford University press.

Rumaningsih, E. (2005). Metafora: “Bahasa, Makna, dan Agama” .http:///library.walisongo.ac.id/digilib/files/diskl/21/jtptiain-gdl-jou-2005-endangruma-1035-7_metafo-a.pdf, hlm. 5. Diunduh pada tanggal 28 Februari 2016.

Siregar, B.U. (2004). “Metafora Kekuasaaan dan Matafora Melalui Kekuasaan: Melacak Perubahan Masyarakat Melalui Perilaku Bahasa”. Dalam Pellba 17, (hlm. 2). Bambang Kaswanti Purwo (Ed.). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Stockwell, P. (2002). Cognitive Poetics: An Introduction, (hlm. 106). NewYork: Routledge.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik, (hlm. 132—135). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Wahab, A. (1986). “Metafora sebagai Alat Pelacak dalam Sistem Ekologi”. Dalam Pellba 3, (hlm. 72). Bambang Kaswanti Purwa (Ed.). Yogyakarta: Kanisius.

Zaimar, O.K.S. (2002) Majas dan Pembentukannya. Makara, 6 (2), hlm. 121—13.




DOI: https://doi.org/10.29255/aksara.v29i1.105.117-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Aksara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________

AKSARA INDEXED IN:

  
   

 

_______________________________________________________________________________________________________
 

AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

@2016 Balai Bahasa Provinsi Bali Jalan Trengguli I No. 34, Tembau, Denpasar 80238 Telepon (0361)461714, Faksimile (0361)463656, Pos-el: jurnalaksara@yahoo.co.id, Laman: www.balaibahasaprovinsibali.com