POSTMEMORY: TRANSMISI MEMORI DAN REKONSILIASI DALAM NOVEL NEXT YEAR IN HAVANA KARYA CHANEL CLEETON
Abstract
Peristiwa pada Revolusi Kuba telah membawa penulis Chanel Cleeton menarasikan dalam sebuah karya novel yang berjudul Next Year in Havana. Di mana jika ditilik pada novel ini maka Next Year in Havana termasuk dalam karya postmemory. Pada proses karangan novel ini terdapat transmisi memori dari generasi pertama kemudian ke generasi berikutnya yang dipicu oleh peristiwa traumatis masa lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur memori traumatis itu terbentuk dan upaya perjalanan kembali untuk membangun memori yang tidak utuh. Selanjutnya untuk menganalis objek material tersebut peneliti menggunakan teori postmemory dari Marriane Hirsch. Hasil dari penelitian ini: 1). Terdapat struktur transmisi memori familial dari sang nenek kemudian juga transmisi afiliatif dari orang luar. 2). Keberpihakan penulis pada novel ini menampilkan tokoh presiden Batista sebagai Hypermazculine dan orang – orang Kuba sebagai Feminized. 3). Upaya napak tilas dilakukan ke pelbagai situs sejarah untuk melihat pada realitas yang lebih dekat dan menjawab asumsi – asumsi atas memori yang belum lengkap.
The incident of Cuban Revolution has been bringing Chanel Cleeton to narrate a masterpiece of the Novel with under the name Next Year in Havana. Indeed, this Next Year in Havana novel includes a masterpiece of postmemory. The process of this novel used memory transmission from the first generation to the next generation that is triggered by the past traumatic event. This study aimed to know how the structure of traumatic memory is formed and how returning journey can reconstruct the uncompleted memory. In doing so, the researcher used postmemory approach by Marriane Hirsch to analyze the object material. Then, the result of this study: 1). There are structure of memories transmission such as familial from the grandmother and affiliative transmission from the strangers. 2). The author takes a side on this novel that President F. Batista as the Hypermazculine and Cuban people as Feminized. 3). The mission of returning the journey has been done to look the reality closer and to answer the assumptions of uncompleted memory.
Peristiwa pada Revolusi Kuba telah membawa penulis Chanel Cleeton menarasikan dalam sebuah karya novel yang berjudul Next Year in Havana. Di mana jika ditilik pada novel ini maka Next Year in Havana termasuk dalam karya postmemory. Pada proses karangan novel ini terdapat transmisi memori dari generasi pertama kemudian ke generasi berikutnya yang dipicu oleh peristiwa traumatis masa lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur memori traumatis itu terbentuk dan upaya perjalanan kembali untuk membangun memori yang tidak utuh. Selanjutnya untuk menganalis objek material tersebut peneliti menggunakan teori postmemory dari Marriane Hirsch. Hasil dari penelitian ini: 1). Terdapat struktur transmisi memori familial dari sang nenek kemudian juga transmisi afiliatif dari orang luar. 2). Keberpihakan penulis pada novel ini menampilkan tokoh presiden Batista sebagai Hypermazculine dan orang – orang Kuba sebagai Feminized. 3). Upaya napak tilas dilakukan ke pelbagai situs sejarah untuk melihat pada realitas yang lebih dekat dan menjawab asumsi – asumsi atas memori yang belum lengkap.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alloa, E., Bayard, P., & Phay, S. (2016). Figurations of Postmemory: An Introduction. Journal of Literature and Trauma Studies, 4(1–2), 1–12. https://doi.org/10.1353/jlt.2016.0005
Chomsky, A. (2015). A history of the Cuban Revolution. John Wiley & Sons Inc; /z-wcorg/.
Cleeton, C. (2018). Next year in Havana (First Edition). Berkley.
Daphne Seemann. (2011). Moving beyond Post-Traumatic Memory Narratives: Generation, Memory and Identity in Doron Rabinovici, Robert Menasse and Eva Menasse. Austrian Studies, 19, 157. https://doi.org/10.5699/austrianstudies.19.2011.0157
Faruk, H. T. (2012). Metode penelitian sastra: Sebuah penjelajahan awal. Pustaka Pelajar.
Fernanda, A. (2017). Transmisi Memori dan Trauma dalam Mother Land Karya Dmetri Kakmi: Kajian Postmemory. Jurnal POETIKA, 5(2), 82. https://doi.org/10.22146/poetika.30937
Frosh, S. (2019). Those who come after: Postmemory, acknowledgement and forgiveness.
Guerra, L. (2012). Visions of power in Cuba: Revolution, redemption, and resistance, 1959-1971. Univ. of North Carolina Press.
Hirsch, M. (1992). Family pictures: Maus, mourning, and post-memory. Discourse, 15(2), 3–29.
Hirsch, M. (2012). The Generation of postmemory: Writing and visual culture after the Holocaust. Columbia University Press.
Huyssen, A. (2003). Present pasts: Urban palimpsests and the politics of memory. Stanford University Press.
Whitehead, A. (2009). Memory (1st ed). Routledge.
Sumber Laman
Catherine, (2018).Next Year in Havana—A Stunning Story of Love and Family. retrieved from. www.silverpetticoatreview.com. (accessed on 30 Oktober 2020).
Cleeton, Chanel, (2018). Chanel Cleeton Author Interview. retrieved from. www.jeanbooknerd.com. Accessed on (30 Oktober 2020).
DOI: http://dx.doi.org/10.29255/aksara.v34i1.828.61-72
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________________________________________________________________
Aksara INDEXED IN:
![]() | ||||
_______________________________________________________________________________________________________
AKSARA diterbitkan oleh Balai Bahasa Provinsi Bali bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP)
AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License