Pemanfaatan Nilai-Nilai Spiritual Pada Babad Cirebon dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal

Emah Khuzaemah, Nurkholidah Nurkholidah

Abstract


Students do not recognize the local culture that should be the pride and regional identity. This should be a concern for the nation. For this reason, students need to be introduced to their local culture through learning. This study aims to describe the results of the analysis of spiritual values in the Chronicle of Cirebon; develop learning models based on local wisdom; and describe the results of the application of students' design and creative work after applying the local wisdom-based learning model. Through the hermeneutic analysis method, the researcher analyzes the spiritual values in the Chronicle of Cirebon. The design of the local wisdom-based learning model was developed through development research methods which then the results were implemented in schools. The results showed that there are very high spiritual values that describe the nature of human life, human work, human position, human relations with nature, and human relationships with others. The design of learning models based on local wisdom includes the steps: a) introduction and motivation, b) observation, c) modeling of creative writing, d) the stage of developing creative ideas, e) analysis of character values and peer input, and f) stage presentation. The results of the implementation show that spiritual values in the Chronicle of Cirebon can inspire students in creative writing. Thus these values are expected to be able to equip students to have a good attitude in their lives.

 

Abstrak

Peserta didik kurang mengenali budaya lokal yang seharusnya menjadi kebanggaan dan jati diri kedaerahannya. Hal ini patut menjadi keprihatinan bangsa. Untuk itu, peserta didik perlu diperkenalkan dengan budaya lokalnya melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis nilai-nilai spiritual dalam Babad Cirebon; mengembangkan desain model pembelajaran berbasis kearifan lokal; dan mendeskripsikan hasil penerapan desain dan karya kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis kearifan lokal. Melalui metode analisis hermeneutik, peneliti menganalisis nilai-nilai spiritual dalam Babad Cirebon. Desain model pembelajaran berbasis kearifan lokal dikembangkan melalui metode penelitian pengembangan yang kemudian hasilnya diimplementasikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai spiritual yang sangat tinggi yang menggambarkan hakikat hidup manusia, karya manusia, kedudukan manusia, hubungan manusia dengan alam sekitar, dan hubungan manusia dengan sesama. Desain model pembelajaran berbasis kearifan lokal meliputi langkah-langkah: a) pengantar dan motivasi, b) observasi, c) modelling karya-karya kreatif, d) tahap pengembangan gagasan kreatif, e) analisis nilai karakter dan masukan teman sejawat, dan f) tahap presentasi. Hasil implementasinya menunjukkan bahwa nilai-nilai spiritual dalam Babad Cirebon dapat menginspirasi siswa dalam menulis kreatif. Dengan demikian diharapkan nilai-nilai tersebut mampu membekali siswa untuk memiliki sikap yang baik dalam kehidupannya.


Keywords


Babad Cirebon; menulis kreatif; nilai spiritual

Full Text:

PDF

References


Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 201-225. https://doi.org/10.15575/ATH.V2I2.3391

Andani, Y. D., & Jalil, A. (2016). Tradisi Sabung Ayam di Masyarakat Talang Mamak di Desa Talang Sungai Limau Kecamatan Rakit Kulim Indragiri Hulu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 1-15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/11074

Arifin, M. Z. (2019). Nilai Moral Karya Sastra Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono). Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(1), 30-40. https://doi.org/10.25157/-LITERASI.V3I1.1953

Baso, A. (2018). Sejarah Lahirnya Pesantren Berdasarkan Naskah Babad Cirebon Koleksi PNRI. Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, 9(1), 1-32. https://doi.org/10.37014/jumantara.v9i1.231

Dwinuryati, Y., & Andayani, A. (2017). Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Cerita Rakyat "Nyi Andan Sari dan Ki Guru Soka." Jurnal Artefak, 4(1), 15-22. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.731

Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263

Firmanto, A. (2015). Historiografi Islam Cirebon (Kajian Manuskrip Sejarah Islam Cirebon). Jurnal Lektur Keagamaan, 13(1), 31-58. https://doi.org/10.31291/JLK.V13I1.203

Hakam, A. (2007). Bunga Rampai Pendidikan Nilai. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Harsanti, A. G. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Fkip E-Proceeding, 623-636. https://jurnal.-unej.ac.id/index.php/fkipepro/article/view/4936

Hergenhanh, B. R., & Olson, M. H. (2008). Theories of Learning (Teori Belajar)(7th Ed). Prenada Media Group.

Iin, H., & Basyari, W. (2014). Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Tradisi Memitu Pada Masyarakat Cirebon (Studi Masyarakat Desa Setupatok Kecamatan Mundu). Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1). https://www.fkipunswagati-.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/36

Kette, E. S. S., Pratiwi, Y., & Sunoto, S. (2016). Pengembangan Bahan Pelatihan Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai Karakter untuk Guru SMP Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Se-Kota Kupang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 698-704. https://doi.org/10.17977/JP.V1I4.6227

Khuzaemah, E. (2018). Penyerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Babad Cirebon Untuk Membina Karakter Mahasiswa Melalui Pembelajaran Menulis Kreatif. Kongres Bahasa Indonesia, 1-15.

Koentjaraningrat. (2009). Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: UI Press.

Miskiya, J. (2015). Pemanfaatan Nilai Toleransi dalam Babad Cirebon untuk Meningkatkan Kohesi Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1). https://doi.org/10.-17509/jpis.v24i1.1611

Mulyana, A. (2009). Mengembangkan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah. http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/mengembangkan-kearifan-lokal-dalam-pembelajaran-sejarah/

Mutohari, A. S., & Kadarisman, A. (2016). Perancangan Identitas Visual Wisata Sejarah Kota Cirebon. EProceedings of Art & Design, 3(3). https://doi.org/10.25124-/EOE.V3I3.4589

Randa, F., & Daromes, F. E. (2014). Transformasi Nilai Budaya Lokal dalam Membangun Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5(3), 477-484. https://doi.org/10.18202/jamal.2014.12.5035

Rusydi, I. (2014). Pendidikan Berbasis Budaya Cirebon. Intizar, 20(2), 327-348. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/436

Sa'ida, N. (2020). Analisis Nilai Moral dalam Cerita Rakyat. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 47-54. https://doi.org/10.26740/JP2KGAUD.2020.1.1.47-54

Saifudin, M. F. (2015). Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, 5(2), 140-146. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6046

Samsudin, L. W. (2017). Peran Sunan Gunung Jati Dalam Islamisasi di Cirebon. Skripsi. Universitas Jember: Jember.

Sofiana, I. (2018). Unsur Sejarah dan Petuah Kesultanan Cirebon dalam Novel Laskar Kesanghyangan Karya Kustoyo dan Implementasi Pembelajaran di SMA. Skripsi. UNTIDAR: Magelang.

Subiyantoro. (2012). Membangun Karakter Bangsa Melalui Cerita Rakyat Nusantara (Model Pendidikan Karakter untuk Anak Mi Awal Berbasis Cerita Rakyat dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 98-114. https://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah-/jpai/article/view/1045

Suyitno, I. (2012). the Development of Education on the Character and Culture of. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(February 2012), 1-13.

Syaripulloh, S. (2017). Mitos di Era Modern. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.15408/-sd.v4i1.5924

https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5924

Wastap, J. bin. (2017). Nilai-Nilai Pengetahuan Lokal Pembentuk Karakter Bangsa dalam Sandiwara Cirebon, Jawa Barat. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/MUDRA.V32I1.65

Wellek, R., & Warren, A. (1993). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Yunus, R. (2014). Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Genius) sebagai Penguat Karakter Bangsa . Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.29255/aksara.v34i2.437.181--195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________

Aksara INDEXED IN:

   
     

_______________________________________________________________________________________________________

 

AKSARA diterbitkan oleh Balai Bahasa Provinsi Bali bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP)

 AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats