PEMEROLEHAN KOSAKATA ANAK USIA 2 TAHUN SAMPAI DENGAN USIA 2 TAHUN 6 BULAN (STUDI KASUS PADA MUHAMMAD ZAINI)/THE ACQUISITION OF VOCABULARY IN CHILDREN AGED 2 YEARS UP TO THE AGE OF 2 YEARS AND 6 MONTHS (CASE STUDY ON MUHAMMAD ZAINI)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang pemerolehan kosakata anak laki-laki bernama Muhammad Zaini dari usia 2 tahun sampai dengan usia 2 tahun 6 bulan. Penelitian ini menggunakan teori tahap-tahap tuturan awal oleh Steinberg, Nagata, dan Aline (2001). Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik longitudinal. Data penelitian ini berupa tuturan Muhammad Zaini yang berisi pemerolehan kosakata. Hasil penelitian ini adalah (1) pemerolehan tuturan satu kata oleh Muhammad Zaini pada usia 2 tahun menunjukkan bahwa Muhammad Zaini lebih banyak menggunakan kata sifat daripada kata benda dan kata kerja, (2) pemerolehan tuturan dua kata oleh Muhammad Zaini pada usia 2 tahun 1 bulan menunjukkan bahwa Muhammad Zaini lebih banyak menggunakan frasa benda, (3) pemerolehan tuturan dua kata oleh Muhammad Zaini pada usia 2 tahun 2 bulan menunjukkan bahwa Muhammad Zaini lebih banyak menggunakan frasa benda, (4) pemerolehan tuturan dua atau tiga kata oleh Muhammad Zaini pada Usia 2 tahun 3 bulan dengan tuturan frasa benda yang terdiri atas kata benda dan kata benda serta kata benda dan kata kerja, (5) pemerolehan tuturan dua atau tiga kata oleh Muhammad Zaini pada usia 2 tahun 4 bulan terdapat kata kerja dan kata keterangan serta kata benda dan kata benda, (6) pemerolehan tuturan tiga kata oleh Muhammad Zaini pada usia 2 tahun 5 bulan lebih banyak menggunakan kata seru dan kata benda, dan (7) pemerolehan tuturan tiga kata sampai lima kata oleh Muhammad Zaini pada usia 2 tahun 6 bulan lebih banyak menggunakan negasi dan kata benda serta kata benda dan negasi.
Kata kunci: pemerolehan kosakata, tuturan, anak laki-laki
Abstract
This research aims to describe and explain vocabulary acquisition of boys named Muhammad Zaini age from 2 years to the age of 2 years and 6 months. This research uses theories of early stages of speech by Steinberg, Nagata, and Aline (2001). The method used was qualitative research with longitudinal techniques. The data of this research in the form of speech of Muhammad Zaini containing vocabulary acquisition. The results of this research are (1) the acquisition of speech a Word by Muhammad Zaini at age 2 years shows that Muhammad Zaini more use of the adjective instead of the noun and the verb, (2) the acquisition of speech is the word by Muhammad Zaini at age 2 years 1 month shows that Muhammad Zaini more use the phrase objects, (3) the acquisition of speech is two words by Muhammad Zaini at age 2 years 2 months indicate that Muhammad Zaini more use of objects, phrases (4) the acquisition of speech is two or three words by Muhammad Zaini at age 2 years 3 months with a speech phrase objects composed of a noun and noun and noun and verb, (5) the acquisition of speech is two or three words by Muhammad Zaini at age 2 years 4 month there are verbs and adverbs and adjectives and nouns, (6) the acquisition of speech is three words by Muhammad Zaini at age 2 years 5 months more exciting words and uses nouns, and (7) the acquisition of three-to five-word speech is said by Muhammad Zaini in the age of 2 years and 6 months more use of negation and noun and noun and negation.
Keywords: acquisition of vocabulary, speech, boy
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis. (2012). Pemerolehan Kosakata Bahasa Pertama Anak Kedua Usia 16 Bulan. Jurnal Retorika, 8(2), 84—87.
Cameron-Faulkner, T.; Lieven, E.; & Tomasello, M. (2003). A Construction based Analysis of Child Directed Speech. Cognitive Science 27 (2003): 843–873. http://www.elsevier.com/locate/cogsci.
Clark, E.V. (2004). How language acquisition builds on cognitive development. TRENDS in Cognitive Sciences, 8(10), 472--477.
Dardjowidjojo, S. (2014). Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Ellis, R. (1986). Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Gervain, J. & Werker, J.F. (2008). How Infant Speech Perception Contributes to Language Acquisition. Language and Linguistics Compass 2/6, pp. 1149–1170.
Hapip, A.Dj. (2017). Kamus Bahasa Banjar-Indonesia. Banjarmasin: CV Rahmat Hafiz Al Mubaraq.
Hoff, E. (2009). Language Development at an Early Age: Learning Mechanisms and Outcomes from Birth to Five Years. Encyclopedia on Early Childhood Development (Published online October 2009).
Narafshan, M.H., Sadighi, F., Bagheri, M. S., & Shokrpour, N. (2013). First Language Acquisition by Infants. Journal of Advances in English Language Teaching, 1(2), 59--63. http://www.european-science.com/jaelt.
Rafiek, M. (2010). Psikolinguistik: Kajian Bahasa Anak dan Gangguan Berbahasa. Malang: UM Press.
Rafiek, M. (2013). Menjadi Berbahasa Indonesia: Kisah Hilangnya Beberapa Kosakata Bahasa Banjar pada Seorang Anak Banjar. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Linguistik II yang diadakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Banjarmasin pada tanggal 6 April 2013.
Rafiek, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Bulan—2 Tahun (Studi Kasus pada Muhammad Zaini). Adabiyyāt, 13(1), 117--147. http://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/Adabiyyat.
Rafiek, M. & Noortyani, R. (2014). Pemerolehan Leksikon pada Anak Usia Dini di PAUD di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Steinberg, D.D., Nagata, H., & Aline, D.P. (2001). Psycholinguistics, Language, Mind, and World. England: Pearson Education Limited.
Wardhana, I.G.N.P. (2013). Perkembangan Bahasa Anak 0--3 Tahun dalam Keluarga. Jurnal Linguistik, 20(39), 95--101.
Weisberg, D. S.; Zosh, J. M.; Hirsh-Pasek, K.; & Golinkoff, R. M. (2013). Talking It Up, Play, Language Development, and the Role of Adult Support. American Journal of Play, 6(1), 39--54.
Refbacks
- There are currently no refbacks.