OPRESI PEREMPUAN AMERIKA DALAM NOVEL RIDING FREEDOM DAN PAINT THE WIND KARYA PAM MUNOZ RYAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap diskriminasi yang terjadi pada anak perempuan Amerika dalam novel Riding Freedom dan Paint the Wind. Dua novel karya Pam Munoz Ryan tersebut sama-sama berkisah mengenai anak perempuan Amerika yatim piatu yang dikungkung oleh orang-orang terdekat, seperti keluarga dan masyarakat sekitar, untuk meraih mimpi. Peneliti menggunakan metode kualitatif, terutama kajian pustaka dengan data primer berupa kedua novel karangan Ryan, sedangkan data sekunder berupa data-data mengenai opresi terhadap perempuan Amerika di era 1800-an dan di masa modern yang sesuai dan dapat dijadikan acuan untuk penelitian ini. Kedua novel ini dianalisis dengan teori feminisme eksistensialis yang dicetuskan Simone de Beauvoir untuk mengetahui bagaimana usaha kedua tokoh tersebut untuk mencapai kebebasan. Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa meski mendapat opresi dari lingkungan sekitar, tokoh anak perempuan Amerika dalam kedua novel itu tetap melakukan perlawanan dengan cara berbeda untuk mencapai impiannya. Hal itu menunjukkan adanya perbedaan pandangan yang pengarang hadirkan mengenai hak dan kebebasan kaum perempuan Amerika seiring dengan perkembangan zaman. Penelitian ini juga menemukan bahwa meski perempuan Amerika masa kini dapat lebih bebas berpendapat bahwa opresi terhadap perempuan masih tetap terjadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrams, M. H. (1953). The Mirror and The Lamp. USA: Oxford University Press.
Barker, C. (2004). The SAGE Dictionary of Cultural Studies. London: SAGE Publications Ltd.
Beauvoir, S. de. (1956). The Second Sex. London: Lowe and Brydone (Printers) Ltd.
Faruk. (2015). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Furstenberg, F. (2003). Beyond Freedom and Slavery: Autonomy, Virtue, and Resistance in Early American Political Discourse. The Journal of American History, hlm. 1295. http://www.indiana.edu/~kdhist/H105-documents-web/week08/H105-Furstenberg-2003.pdf.
George, M. W. (2008). The Elements of Library Research. New Jersey: Princeton University Press.
Hollows, J. (2010). Feminisme, Femininitas, dan Budaya Populer. Terjemahan oleh Bethari Anissa Ismayasari. Yogyakarta: Jalasutra.
Humm, M. (1992). Feminisms: A Reader. Hertfordshire: Harvester Wheatsheaf.
Karim, A. (2014). Kerangka Studi Feminisme (Model Penelitian Kualitatif tentang Perempuan dalam Koridor Sosial Keagamaan). Fikrah, Vol. 2, No. 1, hlm. 66. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/550.
Luviana. (2016). Diskriminasi Upah Perempuan di Amerika. Dipetik Juni 16, 2019, dari Konde.co - Media untuk Perempuan dan Kaum Marginal: http://www.konde.co/2016/04/kesenjangan-upah-buruh-perempuan-di.html.
Nurdin, M. A. (2015). Kegagalan Politik Multikulturalisme dan Pelembagaan Islamofobia di Negara-negara Barat. Ilmu Ushuluddin, Vol. 2, No. 4, hlm. 351–354. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ilmu-ushuluddin/article/view/4841.
Pam Munoz Ryan. (n.d.). Dipetik Juni 17, 2019, dari Pam Munoz Ryan: http://www.pammunozryan.com/about-pam-munoz/.
Pittman, C. T. (2010). Race and Gender Oppression in the Classroom: The Experiences of Women Faculty of Color with White Male Students. Teaching Sociology, Vol. 38, No. 3, hlm. 184. https://www.asanet.org/sites/default/files/savvy/images/journals/docs/pdf/ts/Jul10TSFeature.pdf.
Ryan, P. M. (1998). Riding Freedom. New York: Scholastic Inc.
Ryan, P. M. (2007). Paint the Wind. New York: Scholastic Inc.
Thornham, S. (2000). Teori Feminis dan Cultural Studies. Terjemahan oleh Asma Bey Mahyuddin. Yogyakarta: Jalasutra.
Tong, R. P. (2010). Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif kepada Aliran Utama Pemikiran Feminis. Terjemahan oleh Aquarini Priyatna Prabasmoro. Yogyakarta: Jalasutra.
Turnbull, J. . (2010). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. New York: Oxford University Press.
Utami, A. T. (2015). Kajian Historis Sejarah Pergerakan Hak Pilih Wanita di Amerika Serikat. Insignia, Vol. 2, No. 1, hlm. 3–7. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/insignia/article/view/443/364
Refbacks
- There are currently no refbacks.