ASESMEN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN SASTRA: SUATU KAJIAN PUSTAKA

Made Kerta Adhi

Abstract


Sastra yang diajarkan secara terpadu dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, petanda bahwa sastra dikerdilkan. Hal ini tampak pada proses pembelajaran bahkan asesmennya yang tersurat dalam kurikulum. Perlakuan sastra seperti ini, menjadikan perannya relatif kecil dalam membangun karakter pebelajar, lambat laun bisa kurang dikenali bahkan asing dalam kehidupan pebelajar, dan akhirnya sastra akan hilang. Nilai-nilai sastra sangat berkonstribusi dalam pembentukan karakter. Bertolak dari pendapat tersebut, pembelajaran sastra mestinya diberi perlakuan sama dengan mata pelajaran lainnya. Namun, kenyataannya terdiskriminasikan bahkan termarginalkan. Sementara ini, asesmen pembelajaran sastra dominan dilakukan dengan menilai kemampuan siswa sebatas domain kognitif. Hal ini tampak pada soal-soal ujian sekolah dan ujian nasional. Taksonomi Bloom, mengisyaratkan agar proses penilaian dilakukan secara akumulatif-proporsional pada domain kognitif, afektif dan psikomotor. Legalitas formal model asemen ini, antara lain tersurat dalam kurikulum 2013, yakni asesmen otentik. Model asesmen otentik, menuntut agar guru melakukan penilaian pada pembelajaran sastra senyatanya dengan cara melakukan penilaian secara holistik, mencakup aspek pengetahuan (melalui tes lisan, tertulis, dan penugasan); sikap (melalui observasi, self assessment, peer assessment, dan jurnal); serta aspek keterampilan ( melalui penilaian praktik, proyek, dan portofolio).

 


Keywords


asesmen otentik; pembelajaran sastra; holistik

Full Text:

PDF

References


Datrini, Ni Nengah. 2007. “Pengaruh Asesmen Portofolio dan Konsep Diri Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia”. Dalam Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

http://bangkudepan.com/wajah-sastra-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-pada-kurikulum-

/” Wajah Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013”. Diakses

tanggal 15 April 2015.

Ismawati, Esti. 2012. Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar.Yogyakarta: Ombak.

Karim, Muhamad. 2009. Pendidikan Kritis Transformatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Kurikulum SMA Saraswati Tabanan, 2011.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran:Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Norris, Christopher. 2008. Membongkar Teori Dekonstruksi Jacques Derrida. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika,Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Ratna, Nyoman Kutha. 2006. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, Listiyono. dkk. 2007. Epistemologi Kiri. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Septiyarti, Yemi. 2015. “Kearifan Lokal Sastra Lisan Papua: Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter” Dalam Ragam Wacana Bahasa, Sastra dan Budaya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silabus bahasa Indonesia kelas X SMA Saraswati Tabanan tahun pelajaran 2007/2008.

Suardiana, I Wayan. 2010. “ Peran Sastra Bali dalam Dunia Pendidikan”. Dalam Jurnal Bahasa dan Sastra Aksara, Nomor 36 tahun XXII, Desember, hlm.34—52.

Suarka, I Nyoman. 2010. “Kontribusi Nilai Budi Pekerti dalam Sastra (Paribasa) Bali Bagi Siswa di SMP” Dalam Jurnal Bahasa dan Sastra Aksara, Nomor 36 tahun XXII, Desember, hlm. 103—113.

Tama, I Wayan. 2010. “Bahasa Indonesia pada Remaja Bali: Sebuah Problematika”. Dalam

Jurnal Bahasa dan Sastra Aksara, Nomor 36 tahun XXII, Desember, hlm. 198—218.

Wahyuni, Sri. 2010. “Pengembangan Model Asesmen Otentik Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan di SMA” Dalam Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Litera,Volume 9, Nomor 1, April, hlm. 70—90.




DOI: http://dx.doi.org/10.29255/aksara.v27i2.186.217-227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________

Aksara INDEXED IN:

   
     

_______________________________________________________________________________________________________

 

AKSARA diterbitkan oleh Balai Bahasa Provinsi Bali bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP)

 AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats