WACANA IKLAN DALAM BENTUK PAPAN REKLAME DI BALI

I Nengah Budiasa

Abstract

Analisis wacana iklan dalam bentuk papan reklame di Bali merupakan suatu kajian yang menganalisis pemakaian bahasa secara tertulis yang lebih populer disebut bahasa iklan. Kajian ini meliputi kekohesifan, implikatur, dan retorika wacana iklan yang tampak dari bangun wacana yang ditampilkan. Kekohesifan wacana iklan dapat dilihat dari hubungan antara kata yang satu dengan kata yang lain dalam sebuah frasa. Di samping itu, kekoherenan atau kepaduan makna menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam telaah ini. Selanjutnya, implikatur dalam analisis wacana iklan dalam bentuk papan reklame adalah analisis bagian tambahan makna yang tidak tertulis dalam iklan tersebut agar tetap tertangkap oleh pembaca. Terakhir, retorika wacana iklan berupa papan reklame merupakan efektivitas penggunaan bahasa dalam media tersebut. Melalui media bahasa yang efektif diharapkan dapat menimbulkan efek tertentu pada pikiran pembaca dan dapat mengubah sikapnya.

Keywords

kekohesifan; kekoherenan; implikatur; wacana

Full Text:

PDF

References

Alwi, Hasan et al. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Artawa, Ketut. 1990. “Cohesive Devices in Indonesia” (Tesis). Australia: La Trobe University.

Djawanai, Stephanus. 1992. “Pengakuan Pariyem: Tinjauan Singkat dari Segi Sosiolinguistik”. Makalah.

Gunarwan, Asim. 1994. “Pragmatik:

Pandangan Mata Burung”. Dalam Soenjono Dardjowidjojo (Penyunting).

Mengiring Rekan Sejati: Festchrift Buat Pak Anton. Jakarta: Lembaga Bahasa Atma Jaya

Halliday, M.A.K. dan R. Hasan. l979. Cohesion in English. London: Longman.

Kaswanti Purwo, Bambang. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan M.D.D. Oka dari judul asli The Principles of Pragmatics. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta:

Departemen P dan K.

Omar, Asmah binti Haji. 1984. Bahasa Iklan Perniagaan: Suatu Kajian Bahasa Retorik. Kuala Lumpur.

Soemarmo, Marmo. 1988. “Pragmatik dan Perkembangan Mutakhirnya. Dalam Soenjono Dardjowidjojo. Penyunting Pellba l (Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atma Jaya I. Jakarta: Lembaga Bahasa Atma Jaya.

Sudaryanto. 2001. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugono, Dendy et al. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. (Edisi Keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, Astrid. 1980. Komunikasi Sosial Indonesia. Jakarta: Binacipta.

Widowson, H.G. l979. Exploration in Applied Linguistics. London: Longman.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.