IMPLIKATUR DAN RETORIKA PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN PAPAN NAMA

I Made Purwa

Abstract


Tulisan ini mendeskripsikan jenis-jenis implikatur dan retorika pemakaian bahasa pada papan iklan. Kajian ini membahas perspektif pemakaian bahasa dan tindak tutur pada papan iklan. Bahasa pada papan iklan disampaikan dengan teknik persuasif. Persuasi yang muncul dalam implikatur papan iklan: (a) memuji keunggulan produk, (b) memerintah menggunakan produk secara langsung, dan (c) menegaskan nama produk. Implikatur ini muncul akibat simpulan yang didasari latar belakang pengetahuan tentang produk atau barang yang diiklankan. Dari segi penyampaiannya, bahasa papan iklan menggunakan kaidah retorika: (a) iklan dengan kaidah pernyataan netral disertai penilaian, (b) iklan dengan kaidah perkaitan konsep, (c) iklan dengan kategori keyakinan, (d) iklan dengan kaidah larangan, dan (e) iklan dengan kaidah suruhan.

 


Keywords


implikatur; retorika; papan iklan

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal dkk. 1992. Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Alwi, Hasan et al. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Artawa, Ketut. 1990. “Cohesive Device in Indonesia”. Tesis. Departement of Linguistics School of Humanities, La Trobe University Australia.

Djawanai, Stephanus. l982. “Pengakuan Pariyem: Tinjauan Singkat dari Segi Sosiolinguistik”. Makalah.

Gunarwan, Asim. 1994. “Pragmatik: Pandangan Mata Burung”. Dalam Soenjono Dardjowidjojo (Penyunting). Mengiring Rekan Sejati: Festchrift Buat Pak Anton. Jakarta: Lembaga Bahasa Atma Jaya

Halliday, M.A.K. dan R. Hasan. l979. Cohesion in English. London: Longman.

Jalaluddin, Nor Hashimah. 1992. Semantik dan Pragmatik: SuatuPengenalan. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa.

Kaswanti Purwo, Bambang. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.

Lumintaintang, Yayah. B. “Laras Bahasa Iklan”. Naskah Siaran Pembinaan Bahasa Indonesia melalui TVRI.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan M.D.D. Oka dari judul asli The Principles of Pragmatics. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Departemen P dan K.

Omar, Asmah Binti Haji. 1984. Bahasa Iklan Perniagaan: Suatu Kajian Bahasa Retorik. Kuala Lumpur.

Soemarmo, Marmo. 1988. “Pragmatik dan Perkembangan Mutakhirnya”. Dalam Soenjono Dardjowidjojo. Penyunting Pellba l (Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atma Jaya I. Jakarta: Lembaga Bahasa Atma Jaya.

Susanto, Astrid. 1980. Komunikasi Sosial Indonesia. Jakarta: Binacipta.

Widowson, H.G. l979. Exploration in Applied Linguistics. London: Longman.




DOI: http://dx.doi.org/10.29255/aksara.v27i1.167.13-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Aksara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________

AKSARA INDEXED IN:

 
   

 

_______________________________________________________________________________________________________
 

AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

@2016 Balai Bahasa Provinsi Bali Jalan Trengguli I No. 34, Tembau, Denpasar 80238 Telepon (0361)461714, Faksimile (0361)463656, Pos-el: jurnalaksara@yahoo.co.id, Laman: www.balaibahasaprovinsibali.com