HUBUNGAN SUBORDINASI DAN SEMANTIS DALAM KALIMAT MAJEMUK BERTINGKAT BAHASA DAYAK LUNDAYEH

Buha Aritonang

Abstract


Penelitian ini membicarakan kalimat. Salah satu kalimat dimaksud adalah kalimat majemuk bertingkat yang berkaitan dengan hubungan subordinasi dan semantis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriftif dengan sampel penelitian bahasa Dayak Lundayeh dialek Tanjung Lapang. Pengumpulan data menggunakan teknik pemancingan dengan pemanfaatan instrumen penelitian. Pengolahan data sintaksis diawali dengan pengklasifikasian data-data sintaksis dan dilanjutkan dengan analisis setiap kelompok data dengan kriteria fungsi, kategori, dan peran terhadap satuan-satuan sintaksis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum kehidupan masyarakat Dayak Lundayeh; peringkat, keutamaan, dan wilayah pengunaan bahasa Lundayeh; cara menghubungkan klausa; dan hubungan subordinasi yang dapat menentukan jenis hubungan semantis antarklausa dalam kalimat majemuk bertingkat bahasa Dayak Lundayeh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sejarah kehidupan masyarakat Dayak Lundayeh hampir sama dengan masyarakat pribumi yang berdomisili di Pulau Kalimantan yang tergolong sebagai masyarakat yang sangat menghormati tradisi dan budaya nenek moyang; (2) bahasa Lundayeh masuk peringkat ke-15 sebagai bahasa daerah dominan, tergolong sebagai salah satu bahasa daerah utama, dan digunakan di lima kecamatan; (3) cara menghubungkan klausa dalam kalimat majemuk bertingkat dapat dilakukan dengan hubungan subordinasi; dan (4) hubungan antarklausa dalam kalimat majemuk bertingkat/subordinatif ditentukan oleh jenis subordinator yang digunakan dan makna leksikal dari kata atau frasa dalam klausa masing-masing sehingga dikenal sebagai kalimat majemuk bertingkat dengan hubungan semantis waktu bersamaan dengan hubungan subordinator kereb ‘ketika’, syarat/pengadaian dengan subordinator kudeng ‘kalau’; konsesif dengan subordinator agan ‘meskipun’, dan tujuan dengan subordinator fele ‘supaya’.

 


Keywords


hubungan; subordinasi; semantis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, M.B., dkk. (2017). “Bahasa Daerah Dominan di Kabupaten Malinau”. [ejournal-fibun-mul.com/index.php/CaLLs/article/download/-14/pdf]. Diunduh pada tanggal 15 Maret 2017.

Chaer, A. (2007). Linguistik Umum (hlm. 346). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indone-sia: Pendekatan Proses, hlm. 5, 41, 44. Jakarta: PT Renika Cipta.

Ba’dulu, A.B. dan Herman. (2005). Mor-fosintaksis (hlm. 49—50, 61). Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, S. dkk. (2013). Sintaksis Bahasa Indonesia, hlm. 3, 54, 83. Surabaya: CV. Istana.

Handayani, R. (2017). “Derivasi Verba dalam Bahasa Dayak Lundayeh di Kabupaten Malinau: Suatu Deskripsi Morfologis” (hlm. 11). Dalam Seminar Internasional Migrasi Bahasa Austronesia 2016. Jakarta: Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasibuan, Z.A. (2007). Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi: Konsep, Teknik, dan Aplikasi (hlm. 151). Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

Hatuwe, M. (2016). “Sistem Afiksasi Kata Kerja Bahasa Lundayeh” (hlm. 108). [http://www.linguistik-indonesia.org/images/files/Sistem Af-iksasi Kata Kerja Bahasa Lundayeh.pdf]. Diunduh pada tanggal 12 Februari 2016.

Mahsun dkk. (2013). Bahasa dan Peta Ba-hasa di Indonesia, hlm. 94. Jakarta: Ba-dan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

SIL. (2006). Bahasa-bahasa di Indonesia (Languages of Indonesia), hlm. 6. Jakar-ta: SIL Internasional Cabang Indonesia.

Verhaar, J.W.M. (2010). Asas-asas Linguis-tik Umum, hlm. 276. Yogykarta: Gadja Mada University Pess.




DOI: http://dx.doi.org/10.29255/aksara.v29i1.102.75-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Aksara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________

AKSARA INDEXED IN:

 
   

 

_______________________________________________________________________________________________________
 

AKSARA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

@2016 Balai Bahasa Provinsi Bali Jalan Trengguli I No. 34, Tembau, Denpasar 80238 Telepon (0361)461714, Faksimile (0361)463656, Pos-el: jurnalaksara@yahoo.co.id, Laman: www.balaibahasaprovinsibali.com